Flow Kompetisi

1. Pre Event

  • > Digital Marketing (Web & Social Media)
  • > Roadshow 5 Kota
  • > Grand Launching Program di Jakarta

2. Event

  • > Pendaftaran
  • > Seleksi Administrasi
  • > Edukasi & Pendampingan (Workshop, Mentoring, Training, Bootcamp, Business Matching)
  • > Penjurian
  • > Penganugerahan

3. Post Event

  • > Penyaluran Pembiayaan
  • > Pembentukan Komunitas
  • Regular Capacity Building (Coaching & Mentoring) untuk 10 nominator per regional.

Key Strategies

Effective Promotion & Exposure

  • > Digital Marketing Strategy
  • > Network Effect
  • > Social Media Viral Effect

Effective Educational Program

  • > Blended Learning
  • > Practical Approach
  • > Financing Proposal

Effective Follow Up Program (Financing)

  • > Regular Assistance Program
  • > Conversion Target
  • > Amount of Financing Target

Detail Event

1. Pendaftaran dan Seleksi Administratif

Peserta melakukan proses pendaftaran secara online, selanjutnya akan dilakukan seleksi administratif dan verifikasi oleh panitia.

2. Workshop dan Training Bisnis

Workshop bisnis di 5 region (Palembang, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, dan Makassar) sebanyak 4 kali dalam 1 bulan.

Pemilihan top 10 melalui seleksi video dan diverifikasi melalui survey lapangan Konsep workshop/ training adalah:

• blended learning (onlineoffline),
• practical, dan
• komperhensif (keuangan, SDM, operasional, dan pemasaran)

3. Bootcamp, Penjurian Regional, & Business Matching

Bootcamp selama 3 hari 2 malam yang terdiri dari Business Matching & Mentoring
untuk 10 peserta terpilih dari masing-masing regional.

Pada fase ini juga akan dilakukan penjurian skala regional untuk menentukan pemenang regional.

4. Bootcamp Nasional dan Awarding

Top 30 (masing-masing 6 pemenang dari tiap regional) akan mengikuti bootcamp nasional & mentoring selama 3 hari 2 malam yang akan ditutup dengan penganugerahan.

Timeline Program

2 + 4 Bulan

Februari >

Pre-Event

  • Digital
  • Marketing

Maret >

Pre-Event
• Launching & Press Conference (Jakarta)
• Pendaftaran
• Roadshow (Balikpapan, Palembang, Surabaya, Makassar)
• Digital Marketing

April >

  • Pendaftaran
  • Seleksi Administratif
  • Pemilihan top 100 per regional
  • Workshop ke-1

Mei >

Rangkaian Workshop ke-2,3,4:

  • Penilaian berkala
  • Pemilihan top 10
  • Verifikasi lapangan

Juni >

  • Bootcamp dan Penjurian Regional
  • Penetapan top 6 dari setiap Regional

Juli

  • Bootcamp dan penjurian nasional
  • Penetapan juara favorit nasional dan juara regional

Kriteria Peserta

  • WNI.
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Pendaftar merupakan pemilik usaha.
  • Usaha memiliki surat izin usaha/ surat keterangan dari instansi terkait. (minimal kelurahan)
  • Usaha yang dijalankan minimal 18 bulan pada Maret 2018.
  • Bentuk usaha bukan usaha yang sifatnya fiktif, plagiarism, atau dilarang.
  • Usaha yang dijalankan memperhatikan aspek ‘syariah’, yang dalam hal ini produk dan jasa harus memenuhi aspek ‘spiritual benefit’ yang dalam hal ini memperhatikan asas manfaat dan halal.
  • Tidak sedang mengikuti kompetisi wirausaha serupa.
  • Baik pendaftar atau usaha yang didaftarkan tidak sedang dalam kasus hukum perdata atau pidana.
  • Lokasi usaha berada di wilayah Indonesia.

Pelaku usaha tergolong usaha kreatif yang termasuk dalam sub-sektor sebagai berikut:

  • Kuliner,
  • Fashion,
  • Kriya
  • Desain Produk
  • Aplikasi & Game,
  • Film & Animasi dan
  • Fotografi.

Acara Ini Adalah Hasil Kerjasama

Bekraf & BNI Syariah